Tugas Akhir DIII
Asuhan Keperawatan pada an. E dengan Gangguan Perkembangan Motorik Halus Menggunting Pola di TK Pembina Pertiwi Kabupaten Mamuju
Latar Belakang : Anak usia dini berada pada masa pertumbuhan pesat dan periode
sensitif, sehingga perkembangan motorik, khususnya motorik halus, sangat penting.
Perkembangan yang kurang optimal dapat menimbulkan dampak negatif, seperti
kesulitan akademik (menulis, menggambar, menggunakan alat belajar) serta
keterlambatan kemandirian (mengancing baju, mengikat sepatu, makan sendiri). Tujuan
: Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan asuhan keperawatan pada anak dengan
gangguan perkembangan motorik halus di TK Pembina Pertiwi Kabupaten Mamuju.
Metode : Desain penelitian ini menggunakan metode studi kasus dimana penulis
mengambil satu siswa TK Pembina Pertiwi Kabupaten Mamuju yang berusia 72 bulan,
dengan gangguan perkembangan motorik halus. Hasil : Setelah di lakukan pengkajian di
dapatkan diagnosis keperawatan gangguan tumbuh kembang pada An. E. Selama hari
pertama hingga hari keempat belas, An. E menunjukkan adanya peningkatan kemampuan.
Pada hari pertama hingga hari ketiga anak memegang gunting menggunakan kedua
tangan. Selanjutnya, pada hari kelima hingga hari keempat belas, anak sudah dapat
memegang gunting dengan satu tangan. Dengan demikian, terjadi peningkatan
kemampuan motorik halus anak dari kategori kurang menjadi cukup. Kesimpulan
Asuhan keperawatan yang diberikan kepada An. E dengan gangguan perkembangan
motorik halus selama 14 hari menunjukkan adanya peningkatan kemampuan secara
bertahap sejak hari pertama hingga hari keempat belas. Saran : Karya tulis ilmiah ini
diharapkan dapat menjadi bahan referensi bagi peneliti selanjutnya dan sebagai sumber
pengetahuan untuk memperkaya materi ajar keperawatan anak, serta dapat menjadi
rujukan bagi sekolah maupun orang tua yang memiliki anak dengan gangguan
perkembangan motorik halus, khususnya dalam keterampilan menggunting pola
| 2025.WIS.Kp.17 | 2025.WIS.Kp.17 | Perpustakaan Direktorat Poltekkes Mamuju (2025.KB.12) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain