Tugas Akhir DIII
PERBEDAAN PEMBERIAN STIMULASI FILM KARTUN “UPIN & IPIN DENGAN FILM KARTUN “YUFID TV” TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA BADUTA
STIMULASI FILM KARTUN “UPIN & IPIN DENGAN FILM KARTUN
“YUFID TV” TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA BADUTA
Asrie Abu,Supratti
Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Mamuju
Usia antara 0-24 bulan merupakan periode emas bagi baduta untuk mengoptimalkan pertumbuhan otaknya, termasuk kemampuan berbicara. Pemberian stimulus yang tepat adalah salah satu factor yang sangat menentukan terhadap perkembangan bahasa baduta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pemberian stimulus Film Kartun Upin dan Ipin dengan Film Kartun Yufid Kids terhadap perkembangan bahasa baduta di Kelurahan Binanga, Mamuju.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat quasi ekserimen. Sampel dalam penelitian ini diperoleh melalui metode accidental sampling yang berjumlah 12 anak dan dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok yaitu kelompok yang diberi tontonan Film Kartun Upin dan Ipin, kelompok yang diberi tontonan dengan Film Kartun Yufid Kids dan kelompok control yang tidak diberikan perlakuan. Penelitian ini menggunakan uji pared sample t test dan one way Anova. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata jumlah kata tertinggi yang dapat diucapkan adalah baduta terdapat pada kelompok kontrol yakni sebesar 28,25 kata. Pada uji statistic berpasangan, ada pengaruh stimulasi Film Kartun Upin dan Ipin, Film Kartun Yufid Kids dan kelompok control terhadap kemampuan bahasa baduta sementara pada uji Anova diperolah hasil tidak ada perbedaan yang signifikan pada rata rata jumlah kata yang mampu diucapkan oleh baduta berdasarkan ke 3 (tiga) kelompok. Pada uji komparasi, tidak ada perbedaan signifikan antara pemberian stimulus “Film Kartun Upin dan Ipin” dengan “Film Kartun Yufid Kids” serta tidak ada perbedaan signifikan antara pemberian stimulus “Film Kartun Yufid Kids” dengan kelompok control dan tidak ada pula perbedaan antara pemberian stimulus “Film Kartun Upin dan Ipin” dengan kelompok control.
Perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk membandingkan factor stimulus Film Kartun Upin dan Ipin dengan jenis stimulus lain yang dapat merangsang perkembangan bahasa baduta secara efektif serta disarankan bagi peneliti lain yang ingin meneliti kemampuan bahasa baduta agar memperbanyak jumlah sampel sehingga hasil yang diperoleh lebih objektif.
| 2018 02 SUP Kp | SUP2018 P | Perpustakaan Direktorat Poltekkes Mamuju (Rak 8) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain