Repository

Poltekkes Kemenkes Mamuju

  • Profil
    Tentang Kami Pustakawan
  • E-Resources
    Indonesiana
    • Batavia Digital
    • Candi di Indonesia
    • Dokumentasi Perfilman Indonesia
    • Dokumentasi Sastra Indonesia
    • Kepustakaan Presiden RI
    • Keraton Nusantara
    • Pernaskahan Nusantara
    • Kepustakaan Tokoh Perfilman
    • Khasanah Pustaka Nusantara
    • Perpuspedia
    Pencarian
    • DOAJ
    • Google Scholar
    • JDIH
    • Bibliografi Nasional Indonesia
    • Katalog Induk Nasional
    • Bursa Efek Indonesia
    Alat
    • Mendeley
    • Zotero
    • Publish or Perish
    • Vos Viewer
    Sumber Belajar
    • Perpustakaan Digital
    • TED
    • Google Experiments
    • Sumber Belajar Kemdikbud
    • Ebook
  • OPAC
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PERBEDAAN PEMBERIAN  STIMULASI FILM KARTUN “UPIN & IPIN DENGAN FILM KARTUN “YUFID TV” TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA BADUTA

Tugas Akhir DIII

PERBEDAAN PEMBERIAN STIMULASI FILM KARTUN “UPIN & IPIN DENGAN FILM KARTUN “YUFID TV” TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA BADUTA

Asrie Abu - Nama Orang;

STIMULASI FILM KARTUN “UPIN & IPIN DENGAN FILM KARTUN
“YUFID TV” TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA BADUTA
Asrie Abu,Supratti
Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Mamuju
Usia antara 0-24 bulan merupakan periode emas bagi baduta untuk mengoptimalkan pertumbuhan otaknya, termasuk kemampuan berbicara. Pemberian stimulus yang tepat adalah salah satu factor yang sangat menentukan terhadap perkembangan bahasa baduta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pemberian stimulus Film Kartun Upin dan Ipin dengan Film Kartun Yufid Kids terhadap perkembangan bahasa baduta di Kelurahan Binanga, Mamuju.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat quasi ekserimen. Sampel dalam penelitian ini diperoleh melalui metode accidental sampling yang berjumlah 12 anak dan dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok yaitu kelompok yang diberi tontonan Film Kartun Upin dan Ipin, kelompok yang diberi tontonan dengan Film Kartun Yufid Kids dan kelompok control yang tidak diberikan perlakuan. Penelitian ini menggunakan uji pared sample t test dan one way Anova. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata jumlah kata tertinggi yang dapat diucapkan adalah baduta terdapat pada kelompok kontrol yakni sebesar 28,25 kata. Pada uji statistic berpasangan, ada pengaruh stimulasi Film Kartun Upin dan Ipin, Film Kartun Yufid Kids dan kelompok control terhadap kemampuan bahasa baduta sementara pada uji Anova diperolah hasil tidak ada perbedaan yang signifikan pada rata rata jumlah kata yang mampu diucapkan oleh baduta berdasarkan ke 3 (tiga) kelompok. Pada uji komparasi, tidak ada perbedaan signifikan antara pemberian stimulus “Film Kartun Upin dan Ipin” dengan “Film Kartun Yufid Kids” serta tidak ada perbedaan signifikan antara pemberian stimulus “Film Kartun Yufid Kids” dengan kelompok control dan tidak ada pula perbedaan antara pemberian stimulus “Film Kartun Upin dan Ipin” dengan kelompok control.
Perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk membandingkan factor stimulus Film Kartun Upin dan Ipin dengan jenis stimulus lain yang dapat merangsang perkembangan bahasa baduta secara efektif serta disarankan bagi peneliti lain yang ingin meneliti kemampuan bahasa baduta agar memperbanyak jumlah sampel sehingga hasil yang diperoleh lebih objektif.


Ketersediaan
2018 02 SUP KpSUP2018 PPerpustakaan Direktorat Poltekkes Mamuju (Rak 8)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SUP2018 P
Penerbit
Mamuju : Perpustakaan Mamuju., 2018
Deskripsi Fisik
19 x 29 cm.:x + 47 hal
Bahasa
English
ISBN/ISSN
2018-11-22
Klasifikasi
2018 SUP
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Publish
Subjek
Stimulasi, Film Kartun Upin dan Ipin, Film Kartun
Info Detail Spesifik
Stimulasi, Film Kartun Upin dan Ipin, Film Kartun Yufid Kids, kelompok kontrol
Pernyataan Tanggungjawab
untuk mengetahui perbedaan pemberian stimulus Film Kartun Upin dan Ipin dengan Film Kartun Yufid Kids terhadap perkembangan bahasa baduta di Kelurahan Binanga, Mamuju.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • STIMULASI FILM KARTUN “UPIN & IPIN DENGAN FILM KARTUN “YUFID TV” TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA BADUTA [Other Resource Link]
    Penelitian
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Repository
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik