Repository

Poltekkes Kemenkes Mamuju

  • Profil
    Tentang Kami Pustakawan
  • E-Resources
    Indonesiana
    • Batavia Digital
    • Candi di Indonesia
    • Dokumentasi Perfilman Indonesia
    • Dokumentasi Sastra Indonesia
    • Kepustakaan Presiden RI
    • Keraton Nusantara
    • Pernaskahan Nusantara
    • Kepustakaan Tokoh Perfilman
    • Khasanah Pustaka Nusantara
    • Perpuspedia
    Pencarian
    • DOAJ
    • Google Scholar
    • JDIH
    • Bibliografi Nasional Indonesia
    • Katalog Induk Nasional
    • Bursa Efek Indonesia
    Alat
    • Mendeley
    • Zotero
    • Publish or Perish
    • Vos Viewer
    Sumber Belajar
    • Perpustakaan Digital
    • TED
    • Google Experiments
    • Sumber Belajar Kemdikbud
    • Ebook
  • OPAC
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Tugas Akhir DIII

PENGARUH GADGET TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK (LITERATUR REVIEW)

Reski Nur Tayyibah. D - Nama Orang;

ABSTRAK
PENGARUH GADGET TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK
(STUDI LITERATUR)
Reski Nur Tayyibah D1*, Supratti 2 ,Syafruddin Ali Salaka 3
*Email : tayyibah1517@gmail.com
Latar Belakang : Gadget merupakan alat elektronik yang telah berkembang lebih canggih
dari tahun ke tahun sehingga dapat memudahkan hidup manusia. Anak-anak saat ini telah
menjadi konsumen aktif produk elektronik dan gadget . Perkembangan teknologi informasi
dan komunikasi memiliki sisi positif dan sisi negatif. Sisi negatif dilihat dari sudut pandang
kesehatan jiwa bagi anak usia dini karena dapat menggangu proses tumbuh kembang
secara alami bagaimana berkomunikasi dan bersosialisasi, tidak dapat mengenali dan
berbagi emosi, seperti simpati, sedih atau senang.
Tujuan : Untuk menelaah literatur artikel dan dokumen hasil penelitian yang
mengidentifikasi adanya pengaruh gadget terhadap tumbuh kembang anak.
Metode : Studi ini diperoleh dari 2 database yaitu Google Schoolar, dan GARUDA (Garba
Rujukan Digital) yang terindeks dari DOAJ (Directory of Open Access Journals) Elsevier,
Wiley Online Library, Sinta 3, Scopus, dan Springer. dengan menggunakan kriteria inklusi
dan eksklusi. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian literatur ini antara lain: “Gadget,
Tumbuh Kembang, Anak”.
Hasil : Ada pengaruh gadget terhadap tumbuh kembang anak secara positif dan negatif.
Kesimpulan : dampak positif yang ditimbulkan oleh penggunaan gadget pada anak di
bawah umur yaitu meningkatnya kedisiplinan, kreativitas, mengasah kecerdasan anak,
menambah pengetahuan anak dan mengurangi stress pada anak. Dampak negatif yang
ditimbulkan oleh penggunaan gadget pada anak di bawah umur yaitu gangguan sosial
emosional pada anak, seperti anak akan cenderung diam, tidak mudah bergaul, dan tidak
dapat bersimpati terhadap lingkungannya.
Saran : untuk orang tua lebih memperhatikan dan menerapkan digital parenting pada anak
saat menggunakan gadget, membatasi frekuensi dan durasi penggunaan gadget.


Ketersediaan
R.0000000000000000802021 RES Kp-01.002Perpustakaan Direktorat Poltekkes MamujuTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2021 RES Kp-01.002
Penerbit
Mamuju : perpustakaan poltekkes mamuju., 2021
Deskripsi Fisik
KTI
Bahasa
English
ISBN/ISSN
2021-07-02
Klasifikasi
2021 RES Kp-01
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Publish
Subjek
Reski Nur Tayyibah. D
Info Detail Spesifik
Gadget,Tumbuh Kembang, Anak
Pernyataan Tanggungjawab
Untuk menelaah literatur artikel dan dokumen hasil penelitian yang mengidentifikasi adanya pengaruh gadget terhadap tumbuh kembang anak.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Repository
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik