Tugas Akhir DIII
GAMBARAN STATUS GIZI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 SIMBORO
DIRMAWATI “Gambaran Status Gizi dan Prestasi Belajar Siswa SMP
Negeri 2 Simboro Tahun 2023”.(dibimbing oleh Najdah dan Muh. Hasyim)
(xiv+32 Halaman + 6 Tabel+ 1 Gambar + 4 Lampiran)
Status gizi merupakan salah satu faktor yang dapat berpengaruh
terhadap prestasi belajar di samping faktor lain, seperti faktor keluarga,
faktor lingkungan, motivasi, serta sarana dan prasarana yang di dapatkan
di sekolah. Anak usia sekolah tidak termasuk ke dalam kelompok yang
memiliki resiko kematian tinggi. Status gizi merupakan salah satu faktor
yang dapat berpengaruh terhadap prestasi belaja di samping faktor lain
seperti faktor keluarga, faktor lingkungan, motivasi, serta sarana dan
prasarana yang di dapatkan di sekolah. Prestasi belajar yang di capai
siswa tidak lepas dari berbagai faktor yang menentukan baik itu faktor
yang berasal dari dalam diri sendiri seseorang maupun yang berasal dari
luar individu. Gizi merupakan faktor yang terpenting dalam indikator
kesehatan pada manusia. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran
status gizi dan prestasi belajar Siswa SMP Negeri 2 Simboro.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan sampel
sebanyak 122 orang yang dipilih secara random sampling. Prestasi belajar
diperoleh dengan mengumpulakn nilai semester ganjil. Data diolah
dengan aplikasi SPSS kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan narasi.
Hasil penelitian menunjukkan status gizi buruk kategori nilai baik
sebanyak status gizi buruk kategori nilai baik sebanyak 1 orang (0,8%)
dan cukup sebanyak 3 orang (2,5%), gizi kurang kategori nilai baik
sebanyak 1 orang (0,8%), cukup 7 orang (5,7%), gizi baik kategoti nilai
baik sebanyak 16 orang (13,1%), cukup 79 orang (64,8%), gizi lebih
kategori nilai baik sebanyak 5 orang (4,1%), cukup 7 orang (5,7%), dan
obesitas kategori nilai baik sebanyak 2 orang (1,6%), cukup 1 orang
(0,8%) dapat di simpulkan prestasi yang baik.
Bagi peneliti selanjutnya sebagai bahan referensi khusunya bagi
yang berminat lebih jauh tentang hubungan status gizi dan prestasi
belajar, perlu melakukan modifikasi variabel independen-dependen baik
untuk variabel atau datanya, sehingga lebih bervariasi dalam melakukan
penelitian.
G. 2023.DIR.GZ.271 | 2023.DIR.GZ.27 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain