Tugas Akhir DIII
PERKEMBANGAN BAHASA DENGAN METODE BERCERITA PADA ANAK BATITA DI KELURAHAN SINYONYOI SELATAN KECAMATAN KALUKKU
Sitti Suhda, Supratti1, Irma Muslimin2
1Mahasiswa Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Mamuju
2Dosen Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Mamuju
Email :Sittisuhda173@gmail.com
Latar Belakang : Bahasa merupakan suatu alat komunikasi untuk menyampaikan
isi pikiran, perasaan serta alat untuk menyampaikan ekspresi dan interaksi dengan
lingkungan sekitar yang pengungkapannya berbentuk lisan maupun tertulis yang
sudah beraturan dan membentuk kesatuan, misalnya sebuah kata, kelompok kata
dan klausa. Salah satu intervensi untuk meningkatkan perkembangan bahasa pada
anak adalah dengan metode bercerita. Bercerita merupakan suatu kegiatan yang
dilakukan untuk menyampaikan suatu pesan atau informasi yang dapat dilakukan
secara lisan maupun tertulis. Tujuan: untuk mengetahui sejauh mana
perkembangan bahasa pada anak usia 3 tahun. Metode: Deskriptif dengan
pendekatan studi kasus dimana subjek yang diteliti yaitu anak yang belum
bersekolah usia 3 tahun. Hasil: perkembangan bahasa sebelum dilakukan
intervensi metode bercerita yaitu perkembangan bahasa anak dengan skor 7
(Perkembangan meragukan) dan mengalami peningkatan setelah diberikan
intervensi dengan skor 9 (Berkembang sesuai harapan). Kesimpulan: metode
bercerita efektif meningkatkan perkembangan bahasa pada anak di Kelurahan
Sinyonyoi Kecamatan Kalukku. Saran : diharapkan stimulus metode bercerita
dapat diterapkan dalam menstimulus perkembangan bahasa pada anak untuk
meningkatkan perkembangan bahasa anak
| P.2022.SIT.Kp.03 | 2022.SIT.Kp.03 | Perpustakaan Direktorat Poltekkes Mamuju (RAK KTI KP 2022) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain