Tugas Akhir DIII
PENGARUH MEDIA GAMBA R TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ANAK TUNA RUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI (SLBN) PEMBINA PROVINSI SULAWESI BARAT
PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN
ANAK TUNA RUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLBN) PEMBINA
PROVINSI SULAWESI BARAT
Nurdian,1 Supratti,S.ST.M.Kes,2 Syamsidar,S kep,Ns.M.Kes3
1Mahasiswa jurusan keperawatan poltekkes kemenkes mamuju
2,3Dosen jurusan keperawatan poltekkes kemenkes mamuju
Email:dian9335@gmail.com
Latar Belakang : Anak tuna rungu memiliki hambatan dalam pendengaran,
akibatnya individu tuna rungu memiliki hambatan dalam berbicara sehingga
mereka biasa disebut tunawicara. cara berkomunikasi seseorang yang
menyandang tuna rungu dengan individu lain yaitu menggunakan bahasa isyarat.
Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media gambar
untuk meningkatkan pengetahuan anak tuna rungu di Sekolah luar biasa SLBN
Pembina Sulawesi Barat Mamuju. Metode : Studi kasus dimana penulis
mengambil 5 klien anak tuna rungu untuk dilakukan penerapan media gambar di
Sekolah SLBN Pembina Provinsi Sulawesi Barat Mamuju selama 12 hari. Hasil:
berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil penerapan media
gambar dengan melakukan tanya jawab kelima klien mengalami penigkatan kosa
kata dalam menyebutkan gambar. Kesimpulan: Penerapan media gambar ini
dilakukan selama 12 hari secara berturut-turut didapatkan kelima responden
mengalami peningkatan mampu menyebutkan nama gambar Saran : Karya tulis
ilmiah ini diharapkan mampu menjadi bahan referensi untuk penelitian
selanjutnya
2024.NUR.Kp.11 | 2024.NUR.Kp.11 | Perpustakaan Direktorat Poltekkes Mamuju (Rk.KP.LTA.2024) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain