Tugas Akhir DIII
HUBUNGAN TINGKAT KEBISINGAN JALAN RAYA DENGAN TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA SDN INPRES RIMUKU DI KECAMATAN MAMUJU TAHUN 2024
ANISHA RAMADANI
PO.76.3.03.21.10.07
“HUBUNGAN TINGKAT KEBISINGAN JALAN RAYA DENGAN
TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA SDN INPRES
RIMUKU DI KECAMATAN MAMUJU TAHUN 2024”
Pembimbing I : Ridhayani Adiningsih, M,KKK
Pembimbing II : Fahrul Islam, S.KM, M.KM
xiii + 57 Halaman + 13 Tabel + 2 Gambar + 8 Lampiran + Daftar Pustaka 28
(2014-2023)
Gangguan kebisingan lingkungan adalah salah satu hal yang mengganggu
proses belajar mengajar. Suara lalu lintas dan suara keras lainnya merupakan
contoh kebisingan yang dapat mengganggu konsentrasi saat belajar, negara-negara
lain menetapkan standar bervariasi antara 30 sampai 50 dBA. konsentrasi belajar juga
dipengaruhi faktor kondisi kelas seperti suhu dan kelembaban. Terdapat batas
kenyamanan pada wilayah khatulistiwa dengan kisaran suhu 22,5-29⁰C.
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan tingkat kebisingan jalan raya
dengan tingkat konsentrasi belajar siswa. Jenis penelitian yaitu penelitian analitik
menggunakan metode cross sectional, teknik pengambilan dengan simple random
sampling. Penelitian dilakukan 3 hari di SDN Inpres Rimuku, pengumpulan data
kebisingan menggunakan sound level meter, suhu dan kelembaban menggunakan
Hygrometer. Jumlah sampel yang digunakan 142 responden. Data dianalisa statistik
menggunakan uji kolerasi spearman.
Hasil penelitian rata-rata kebisingan selama 3 hari di jalan raya pada pagi dan
siang yaitu >60 dB, halaman, dan ruang kelas pada pagi dan siang yaitu >55 dB,
(melebihi NAB) artinya tidak memenuhi syarat. Suhu pada pagi 18-30⁰C
(memenuhi syarat), pada siang >18-30⁰C (tidak memenuhi syarat). Kelembaban
ruang pada pagi dan siang 40-60% (memenuhi syarat). Tingkat konsentrasi siswa,
konsentrasi baik 20 orang (14,1%), konsentrasi cukup 56 orang (39,4%),
konsentrasi kurang 66 orang (46,5%). Hasil uji kolerasi spearman diketahui ada
hubungan antara tingkat kebisingan jalan raya pada pagi dan siang dengan tingkat
konsentrasi belajar siswa (P=0,005
2024.ANI.Kl.10 | 2024.ANI.Kl.10 | Perpustakaan Direktorat Poltekkes Mamuju (Rak KTI.Kl.2024) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain