Tugas Akhir DIII
Gambaran Kebiasaan Sarapan, Status Gizi dan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Mamuju Tahun 2024
SETIO WAHYUNI “Gambaran Kebiasaan Sarapan, Status Gizi dan
Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Mamuju Tahun 2024”. (dibimbing
oleh Zaki Irwan dan Najdah)
(xii + 41 Halaman + 11 Tabel + 4 Lampiran)
Kebiasaan sarapan berperan penting dalam menyediakan energi
bagi tubuh yang akan digunakan sebagai sumber energi utama bagi otak
yang dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar. Prestasi belajar yang
dicapai siswa tidak lepas dari berbagai faktor yang menentukan baik itu
faktor internal maupun faktor eksternal. Penilaian prestasi belajar dapat
dilakukan dengan melakukan evaluasi dan mengambil nilai rata-rata dari
ulangan harian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebiasaan
sarapan, status gizi, dengan prestasi belajar siswa SMPN 3 Mamuju
Tahun 2024. Berdasarkan survey awal yang dilakukan di SMPN 3 Mamuju
didapatkan data rata-rata nilai rapor untuk kelas VII dan VIII yaitu terdapat
34,7% siswa yang nilainya masih < 80 dan sebanyak 65,3% siswa yang
nilainya ≥ 80. Jika dibandingkan dengan SMPN 1 Mamuju hasil
persentase dari nilai rata-rata rapor yang < 80 di SMPN 1 Mamuju lebih
rendah persentasenya yaitu 10,7% dan sebanyak 89,2% siswa yang
nilainya ≥ 80
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan sampel
sebanyak 150 orang yang dipilih secara Quota Sampling. Data kebiasaan
sarapan diperoleh menggunakan kuesioner, data status gizi diperoleh
menggunakan alat antropometri yaitu tinggi badan dan berat badan, data
prestasi belajar diperoleh melalui nilai rapor. Data tersebut diolah
menggunakan aplikasi Microsoft Excel, SPSS dan Who Antro Plus. Data
disajikan dalam bentuk tabel kemudian dinarasikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan sarapan paling
tertinggi yaitu kebiasaan sarapan cukup sebanyak 100 siswa (66,6%),
status gizi paling tertinggi yaitu status gizi baik sebanyak 85 siswa
(56,7%), dan prestasi belajar paling tertinggi yaitu prestasi belajar baik
sebanyak 106 siswa (70,7%). Sebagian besar siswa yang memiliki
kebiasaan sarapan cukup dan status gizi baik memiliki prestasi belajar
yang baik.
Disarankan kepada peneliti selanjutnya sebagai bahan referensi
khususnya bagi yang berminat lebih jauh untuk meneliti hubungan
kebiasaan sarapan, status gizi dan prestasi belajar, perlu meneliti lebih
lanjut masalah hubungan faktor-faktor lain yang dapat memepengaruhi
prestasi belajar siswa SMP
2024.SET.Gz.24 | 2024.SET.Gz.24 | Perpustakaan Direktorat Poltekkes Mamuju (Rak KTI.Gz.2024) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain