Tugas Akhir DIII
GAMBARAN STATUS GIZI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 MAMUJU TAHUN 2025
AMELIA ADE ANNISATUL HUDA “Gambaran Status Gizi dan Prestasi
Belajar Siswa SMP Negeri 1 Mamuju Tahun 2025”. (dibimbing oleh Zaki
Irwan dan Najdah)
(xii + 37 Halaman + 8 Tabel + 4 Lampiran)
Rendahnya status gizi anak akan membawa dampak negatif pada
peningkatan kualitas sumber daya manusia. Belum sepenuhnya pasti,
namun diyakini bahwa anak yang mempunyai masalah terhadap status gizi
berhubungan erat dengan pencapaian prestasi belajar anak. Status gizi
adalah salah satu faktor yang dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar
di samping faktor lain, seperti faktor keluarga, faktor lingkungan, motivasi,
serta sarana prasarana yang didapatkan di sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan sampel
sebanyak 200 orang yang dipilih secara proposional random sampling. Data
status gizi diperoleh menggunakan alat pengukuran tinggi badan dan berat
badan, data prestasi belajar diperoleh dengan mengumpulkan nilai
semester ganjil. Data tersebut diolah dengan aplikasi Microsoft Excel,
SPSS dan Who Antro Plus kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan
narasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa status gizi kurang dengan
kategori prestasi belajar baik sebanyak 1 orang (0,5 %) dan prestasi belajar
kurang sebanyak 6 orang (3 %), status gizi baik dengan kategori prestasi
belajar baik sebanyak 71 orang (35,5 %) dan prestasi belajar kurang
sebanyak 100 orang (50 %), status gizi lebih dengan kategori prestasi
belajar baik sebanyak 2 orang (1 %) dan prestasi belajar kurang sebanyak
11 orang (5,5 %), status gizi obesitas dengan kategori prestasi belajar baik
sebanyak 1 orang (0,5 %) dan prestasi belajar kurang sebanyak 8 orang (4
%). Sebagian besar siswa yang memiliki status gizi baik dengan kategori
prestasi belajar yang kurang.
Bagi peneliti selanjutnya sebagai bahan referensi khusunya bagi
yang berminat lebih jauh meneliti tentang hubungan status gizi dan prestasi
belajar, perlu melakukan modifikasi variabel independen dan dependen,
sehingga lebih bervariasi dalam melakukan penelitian
2025.AME.Gz.02 | 2025.AME.Gz.02 | Perpustakaan Direktorat Poltekkes Mamuju (Rak.KTI.GZ.2025) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain